Sabtu, 16 Juli 2016

RPP MATEMATIKA Tentang Menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku dan satuan derajat



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan                : SD
Mata Pelajaran                      :Matematika
Kelas / Semester                    : IV / 1
Waktu Pertemuan                 : 1 x  Pertemuan

A.    Standar Kompetensi
3.       Menggunakan pengukuran sudut, panjang, dan berat dalam pemecahan masalah

B.     Kompetensi Dasar
3.1     Menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku dan satuan derajat
C.    Indikator
3.1.1  Membandingkan besar dua sudut
3.1.2  Melakukan pengukuran besar sudut dengan satuan tak baku 
D.    Tujuan Pembelajaran
1.               Setelah mendengarkan penjelasan dari guru, siswa dapat membandingkan besar dua sudut dengan benar.
2.               Setelah melakukan diskusi kelompok, siswa dapat menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku dengan benar.


Karakter siswa yang diharapkan :  
·         Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , teliti, Menghargai Prestasi.
·          
E.     Materi Ajar
A. Pengukuran Sudut
Ingatkah kamu, apa yang dimaksud dengan sudut? Mari kita perhatikan gambar bagian-bagian dari benda di bawah ini. 

 


Sudut-sudut tersebut dapat kita gambarkan sebagai pertemuan dua garis lurus. Mari kita tuliskan pengertian sudut bersama-sama.

 
 
Contoh:
Jenis-jenis Sudut
            1. Sudut siku-siku, adalah jika kedua sinar garis membentuk sudut 90°.
              
2. Sudut lancip adalah jika kedua sinar garis membentuk sudut kurang dari 90 ° dan lebih dari 0° 

 
3. Sudut tumpul adalah jika kedua sinar garis membentuk sudut lebih dari 90° dan kurang dari 180°.

1. Membandingkan Besar Dua Sudut
Jika diketahui dua buah sudut, bagaimana cara mengetahui sudut yang lebih besar atau lebih kecil? Mari kita lakukan kegiatan bermain dan belajar berikut ini.
       Ayo Bermain
             a.  Gambarkan dua sudut yang berbeda berikut ini pada kertas kosong
                   
b.  Potonglah kedua gambar sudut tersebut.
c.  Himpitkan kedua sudut tersebut dengan salah  satu garis saling menempel. Perhatikan gambar berikut ini.

       
 d. Apa yang dapat kamu simpulkan? Diskusikan dengan kawanmu dan sampaikan pendapat kalian kepada Bapak/ Ibu Guru.
                  Nah kawan, dari kegiatan ayo bermain di atas, kamu telah belajar membandingkan dua buah sudut. Dari gambar terakhir, dapat kita simpulkan bahwa sudut B lebih besar daripada sudut A atau sudut A lebih kecil daripada sudut B. Sekarang, mari kita tuliskan langkah-langkah membandingkan besar dua buah sudut.
             a. Jiplaklah gambar sudut yang akan dibandingkan pada kertas kosong.
             b. Guntinglah gambar jiplakan tersebut.
             c. Bandingkan gambar jiplakan tersebut dengan menghimpitkan salah satu sisi (garis) dan titik sudut.
             d. Sudut yang di dalam adalah sudut yang lebih kecil.
2. Mengukur Besar Sudut
Setelah dapat membandingkan dua sudut, mari kita mengukur besar sudut dengan sudut satuan maupun dengan busur derajat.
a.       Mengukur Besar Sudut dengan Satuan Tak Baku
Pengukuran sudut dengan satuan tak baku dapat dilakukan dengan terlebih dahulu menentukan sudut satuan. Apakah yang dimaksud sudut satuan? Bagaimana bentuknya? mari kita selidiki dalam kegiatan ayo bermain berikut.
Ayo Bermain
            1. Gambarkan sebuah lingkaran pada selembar kertas putih.
2. Bagilah lingkaran tersebut menjadi 8 bagian yang sama besar, kemudian potonglah satu bagian.

3.  Satu bagian dari lingkaran digunakan sebagai alat ukur.
4.  Ukurlah sudut-sudut di bawah ini dengan sudut yang kamu buat dari potongan lingkaran di atas.

Ternyata kita bisa mengukur besar suatu sudut dengan sudut lain yang telah kita buat sebelumnya. Sudut yang kamu buat dan kamu gunakan untuk mengukur sudut yang lain dapat disebut sebagai sudut satuan.
Mari kita cocokkan hasil pekerjaanmu dari kegiatan ayo bermain di atas.


3.      Lagu sudut (lirik kalau kau senang hati)
Mari kita membandingkan dua sudut
Dua besar sudut yang berbeda
Dengan cara mengukur
Menggunakan busur
 Itulah cara membandingkannya
F. Alokasi Waktu
2 x 35 Menit
G. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Ø  Penugasan
Ø  Tanya jawab
Ø  Demonstrasi
Ø  Diskusi

H. Kegiatan Belajar Mengajar
1.         Kegiatan Awal (10 Menit)
1.         Mengucapkan salam
2.         Siswa memulai kegiatan belajar dengan berdoa
3.         Guru mengecek kehadiran siswa
4.         Apersepsi
a.    Coba kalian perhatikan setiap pojokkan-pojokkan yang ada dalam ruangan kelas kita, disebut apa setiap pojokkan-pojokkan itu?
b.   Coba kalian sebutkan benda-benda apa saja yang didalam kelas ini membentuk sudut ?
c.    Nah untuk mengetahui hal itu marilah kita mempelajari materi kita selanjutnya.
5.         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
6.         Berlatih menyanyikan lagu membandingkan dua sudut
7.         Mengkondisikan kelas
2.     Kegiatan Inti (50 Menit)
1.         Guru membimbing siswa untuk membagi kelompok menjadi beberapa  kelompok (satu kelompok terdiri dari 3 orang). (Eksplorasi)
2.         Guru membagikan gambar-gambar sudut yang harus diukur oleh siswa dalam  kelompok. (Eksplorasi)
3.         Guru membimbing siswa bersama dengan kelompok diskusi mengamati gambar sudut yang telah dibagikan guru. (Eksplorasi)
4.         Guru membimbing siswa secara berkelompok menjelaskan cara membandingkan besar suatu sudut. (Elaborasi)
5.         Guru memperagakan cara membandingkan besar dua sudut dengan benar. (Elaborasi)
6.         Guru membimbing siswa melakukan percobaan untuk dapat membandingkan besar dua sudut. (Elaborasi)
7.         Guru membimbing siswa cara menentukkan besar suatu sudut dengan satuan tidak baku. (Elaborasi)
8.         Guru membimbing siswa melakukan percobaan untuk menentukan besar suatu sudut dengan satuan tidak baku. (Elaborasi)
9.         Guru menugaskan dan membimbing siswa berdiskusi kelompok menyelesaikan soal tentang membandingkan besar dua sudut dan cara menentukan besar suatu sudut dengan satuan tidak baku. (Elaborasi)
10.     Siswa diberikan waktu 20 menit untuk mengerjakan soal yang diberikan guru. (Elaborasi)
11.     Secara bergantian perwakilan setiap kelompok  maju ke depan untuk melaporkan hasil diskusi dan dilanjutkan dengan tanya jawab hasil laporan
12.     Siswa mengerjakan soal yang diberikan guru di papan tulis menggunakan cara yang telah diajarkan guru. (Elaborasi)
13.     Siswa kembali ke tempat duduk masing-masing. (Elaborasi)
14.     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan membahas bersama jawaban yang dikerjakan di papan tulis . (Konfirmasi)
15.     Guru memberikan penghargaan / pujian terhadap hasil kerja kelompok mulai dari pekerjaan yang terbaik (konfirmasi)
3.    Kegiatan Penutup (10 Menit)
1.      Guru bertanya kepada kepada siswa “ apakah ada pertanyaan atau ada yang kurang jelas mengenai materi yang sudah disampaikan ?”
2.      Guru bersama dengan siswa membuat rangkuman atau kesimpulan mengenai materi yang sudah diajarkan.
3.      Guru memberikan pekerjaan rumah yang ada dibuku
4.      Guru menutup pelajaran dengan berdoa dan memberikan salam.

I. Evaluasi
A.       Penilaian
1.      Teknik : Tes
2.      Prosedur
 Penilaian hasil : Kemampuan siswa menyelesaikan soal
3.      Jenis tes : Tulisan
4.      Bentuk tes : Essay

B.        Tes
1.      Bandingkan sudut-sudut di bawah ini




2.      Ukurlah sudut-sudut di bawah ini dengan menggunakan sudut satuan


Kunci jawaban
Bagian A
1. sudut A lebih besar dari sudut B
2. sudut C lebih kecil dari sudut B
3. sudut D lebih besar dari sudut F
4. sudut G lebih besar dari sudut H
5. sudut I dan J sama besar
Bagian B
1.   120°              6. 90°  
2.  90°                7. 60°  
3.   65°                8. 155°  
4.  120°                 9.  65°  
5.   165°               10. 180°  
C. Pedoman penskoran/penilaian        
Bagian A

No Soal
Pedoman Penilaian
Skor
1
Jika menjawab 1 benar
Jika menjawab  salah semua
2
0
2
Jika menjawab 1 benar
Jika menjawab semua salah
2
0
3
Jika menjawab 1 benar
Jika menjawab semua salah
2
0

4
Jika menjawab benar
Jika menjawab  salah semua
2
0
5
Jika menjawab benar
Jika menjawab salah semua
2
0

Jumlah
10

Ø  Untuk bagian A setiap nomor memiliki skor 2 sehingga 2×5= 10
                                                                                                                   

Bagian B

No Soal
Pedoman Penilaian
Skor
1
Jika menjawab 1 benar
Jika menjawab salah semua
1
0
2
Jika menjawab 1 benar
Jika menjawab  salah semua
1
0
3
Jika menjawab 1 benar
Jika menjawab salah semua
1
0
4
Jika menjawab 1 benar
Jika menjawab semua salah
1
0
5
Jika menjawab 1 benar
Jika menjawab salah semua
1
0
6
Jika menjawab 1 benar
Jika menjawab semua salah
1
0
7
Jika menjawab 1 benar
Jika menjawab benar
1
0
8
Jika menjawab 1 benar
Jika menjawab  salah semua
1
0
9
Jika menjawab 1 benar
Jika menjawab benar
1
0
10
Jika menjawab 1 benar
Jika menjawab salah semua
1
0

Jumlah
10

Ø  Untuk bagian B setiap nomor memiliki skor 1 sehingga 1×10=10

Penilaian : Jumlah Nilai A + Jumlah Niali B X 100 : 20 =

J. Sumber dan Media Pembelajaran
A.       Media pembelajaran
Ø  Gambar sudut
Ø  Segita
Ø  Busur

B.        Sumber Belajar
Mustaqim burhan,dkk. 2009. Ayo Belajar Matematika. Jakarta : Pusat Perbukuaan Departemen Pendidikan Nasional



2 komentar: