RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SD
Mata
Pelajaran :
Matematika
Kelas
/ Semester : VI / 1
Waktu
Pertemuan : 1 x Pertemuan
A.
Standar
Kompetensi : Geometri dan
Pengukuran
3. Menghitung
luas segi banyak sederhana, luas
lingkaran,
dan volume prisma segitiga
B. Kompetensi
Dasar : 3.1 Menghitung luas lingkaran
C. Indikato : 5.1.1 Menemukan
rumus luas lingkaran
5.1.2 Menghitung luas
lingkaran dengan menggunakan
rumus
D.
Tujuan Pembelajaran
1. Setelah
melakukan peragaan dengan alat peraga kertas origami dan penggaris, siswa dapat
menemukan rumus luas lingkaran
2. Setelah
melakukan peragaan dengan alat peraga kertas origami dan tanya jawab, siswa
dapat menuliskan rumus menghitung luas lingkaran
3. Setelah
melakukan tanya jawab dan latihan menghitung luas lingkaran siswa dapat
menghitung luas lingkaran dengan menggunakan rumus.
4. Setelah
melakukan latihan cara menghitung luas lingkaran siswa dapat menerapkan rumus
untuk menyelesaikan luas lingkaran.
Karakter siswa yang diharapkan :
·
Rasa ingin tahu , Mandiri,
Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , teliti, Menghargai Prestasi.
E.
Materi
Ajar
A. Langkah Menemukan
Rumus Luas Lingkaran
1.
Gambarlah
sebuah lingkaran pada kertas origami, dan kemudian gunting lingkaran tersebut.
2. Kemudian bagi lingkaran tersebut menjadi 4
juring dan 8 juring. Kemudian gunting setiap juring dan tempelkan tiap juring
pada buku tulis untuk membentuk persegi panjang.
3. Karena hasilnya belum mendekati gambar
persegi panjang, bagi kembali lingkaran tersebut dengan busur menjadi 16
juring, kemudian gunting kembali setiap juring dan tempelkan guntingan juring
tersebut ke buku tulis.
4. Untuk
membentuk persegi panjang dari juring-juring lingkaran, langkah selanjutnya bagi
kembali lingkaran tersebut dengan busur
menjadi 32 juring, kemudian gunting kembali tiap juring tersebut dan tempelkan
tiap juring tersebut ke buku tulis untuk membentuk bangun datar persegi panjang.
Lingkaran sudah berubah bentuk menjadi persegi panjang.
½ keliling lingkaran
sebagai sisi panjang persegi panjang dan jari-jari lingkaran sebagai lebar
persegi panjang.
Maka rumus lain lingkaran dapat
diturunkan dari rumus persegi panjang yaitu :
Luas persegi panjang = p x l, maka
Luas lingkaran = ½ keliling lingkaran x
jari-jari lingkaran =
atau
B.
Menghitung Luas Lingkaran dengan Rumus
Contoh
1 :
Hitunglah
luas lingkaran tersebut, jika diketahui diameternya 14 cm ?
Penyelesaian:
Dik
: Diameternya = 14 cm
Jari-jarinya = 14 cm : 2
cm = 7 cm
Dit : Luas lingkaran ?
Jawab:
L =
=
x 7 cm x 7 cm
=
= 22 cm x 7 cm
=
154
Jadi,
luas lingkaran tersebut adalah 154
.
B. Lagu lingkaran (lirik aku punya anjing
kecil)
Aku
punya bangun datar
Ku
beri nama lingkaran
Dia
ada diameter
Dan
juga jari-jari
Lingkaran
namanya
Itulah
gambarnya
Ayo
hitung lah luasnya
F.
Alokasi
Waktu
2 x 35
Menit
G.
Pendekatan
dan Metode Pembelajaran
Ø Penugasan
Ø Tanya
jawab
Ø Demonstrasi
Ø Diskusi
H.
Kegiatan
Belajar Mengajar
1.
Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)
1.
Mengucapkan salam dan berdoa
2.
Guru mengecek kehadiran siswa
3.
Apersepsi
a. Coba
kalian sebutkan benda-benda apa saja didalam kelas ini yang berbentuk lingkaran
?
b. Apakah
bola itu termasuk lingkaran?
c. Apakah
lingkaran memiliki luas?
d. Bagaimana
cara menghitung luas lingkaran?
4.
Guru menyampaikan materi dan tujuan
pembelajaran
5.
Berlatih menyanyikan lagu menghitung luas
lingkaran
6.
Mengkondisikan kelas
2. Kegiatan Inti (55 Menit)
1.
Guru membimbing siwa secara berkelompok
untuk menggambar lingkaran pada kertas origami dengan menggunakan penggaris dan
jangka.(Eksplorasi)
2.
Guru melatih dan membimbing siswa dengan
memperagakan cara menggunting lingkaran yang telah digambar.(Eksplorasi)
3.
Guru melatih dan membimbing siswa dengan memperagakan cara membagi lingkaran menjadi 4 juring, 8 juring,
dan 16 juring, kemudian menjadi 32 juring sehingga menjadi persegi panjang.
(Eksplorasi)
4.
Guru menugaskan dan membimbing siswa
untuk membentuk setiap potongan lingkaran menjadi persegi panjang dan
menempelkannya pada kertas manila yang disediakan. (Eksplorasi)
5.
Guru bertanya jawab dengan siswa tentang
bangun datar yang baru terbentuk. (konfirmasi)
6.
Guru bertanya jawab dengan siswa tentang
cara menurunkan rumus luas lingkaran yaitu
luas lingkaran = ½ keliling lingkaran x jari-jari lingkaran, atau L =
, atau L =
. (Konfirmasi)
7.
Guru membimbing siswa secara berkelompok
untuk mendiskusikan dan bertanya tentang menemukan rumus luas lingkaran yang
diturunkan dari rumus luas persegi panjang. (Elaborasi)
8.
Guru membimbing siswa untuk menentukan diameter
dan jari-jari dari lingkaran. (Eksplorasi)
9.
Guru membimbing siswa untuk melakukan
percobaan untuk menentukan luas lingkaran. (Elaborasi)
10.
Guru membimbing siswa
menuliskan rumus luas lingkaran dibuku catatan mereka. (Elaborasi)
11.
Guru membimbing siswa dan melatih siswa
untuk menerapkan rumus untuk menghitung luas lingkaran.(Elaborasi)
12.
Guru membimbing dan melatih siswa untuk
menyelesaikan soal-soal latihan untuk menghitung luas lingkaran.(Elaborasi)
13.
Menugaskan setiap kelompok melaporkan
hasil pekerjaan. (Konfirmasi)
14.
Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalah pemahaman, dan memberikan penguatan dan penyimpulan.(Konfirmasi)
15.
Memberikan penghargaan/pujian terhadap
hasil kerjanya mulai dari pekerjaan yang terbaik (Konfirmasi)
3. Kegiatan Penutup (5 Menit)
1.
Guru bertanya kepada siswa “ apakah ada
pertanyaan atau ada yang kurang jelas mengenai materi yang sudah disampaikan ?”
2.
Guru bersama dengan siswa membuat
rangkuman atau kesimpulan mengenai materi yang sudah diajarkan.
3.
Guru memberikan pekerjaan rumah yang ada
dibuku
4.
Guru menutup pelajaran dengan berdoa dan
memberikan salam.
I. Evaluasi
A. Penilaian
1.
Teknik
: Tes
2.
Prosedur
Penilaian hasil : Kemampuan
siswa menyelesaikan soal
3.
Jenis
tes : Tulisan
4.
Bentuk
tes : Essay
B.
Tes
Hitunglah luas lingkaran dibawah
ini dengan menuliskan apa yang diketahui, yang ditanya dan penyelesaiannya:
1. Hitunglah luas lingkaran tersebut juika diketahui diameternya
20cm !
2.
Sebuah kolam ikan yang
berbentuk lingkaran memiliki diameter 35 cm . Tentukanlah
luas kolam ikan tersebut!
luas kolam ikan tersebut!
3.
Hitunglah luas lingkaran
dibawah ini!
4.
Sebuah
lingkaran mempunyai jari-jari 21 cm. tentukan luas lingkarannya !
5. Sebuah
meja makan berbentuk lingkaran mempunyai jari-jari 35 cm, hitunglah luas
lingkaran meja makan tersebut !
C. Kunci jawaban
1.
Penyelesaian :
Diketahui
: Diameter sebuah lingkaran = 20 cm dan jari-jarinya = 20 cm : 2 = 10 cm
Ditanya
: Luas lingkaran ?
Jawab
:
Luas lingkaran =
= 3,14 x 10 cm x 10 cm
= 31,4 cm x 10 cm
Luas lingkaran =
= 3,14 x 10 cm x 10 cm
= 31,4 cm x 10 cm
= 314
Jadi, luas lingkaran tersebut
adalah 314
2.
Penyelesaian:
Diketahui : Diameter
sebuah kolam ikan = 35 cm dan jari-jarinya = 28 cm : 2 = 14 cm
Ditanyakan : Luas
lingkaran kolam ikan ?
Jawab :
Luas lingkaran =
= x 14 cm cm x 14 cm
= 44cm x 14 cm
= 616
Luas lingkaran =
= x 14 cm cm x 14 cm
= 44cm x 14 cm
= 616
Jadi, luas lingkaran kolam
ikan tersebut adalah 616
3.
Penyelesaian
Diketahui : Diameter
sebuah lingkaran = 16 cm dan jari-jarinya = 16 cm : 2 = 8 cm
Ditanya : Luas lingkaran?
Jawab :
Luas lingkaran =
= 3,14 x 8 cm x 8 cm
= 25,12 cm x 8 cm
= 200,96
Luas lingkaran =
= 3,14 x 8 cm x 8 cm
= 25,12 cm x 8 cm
= 200,96
Jadi, luas lingkaran
tersebut adalah 200,96
4.
Penyelesaian
Diketahui : Jari-jari
lingkaran = 21 cm
Ditanya : Luas lingkaran ?
Jawab :
Luas lingkaran =
=
= 66 cm x 21 cm
= 1.386
Luas lingkaran =
=
= 66 cm x 21 cm
= 1.386
Jadi, luas lingkaran nya adalah
1.386
5.
penyelesaian
Diketahui : Jari-jari
sebuah meja makan = 35 cm
Ditanya : luas sebuah meja
makan ?
Jawab :
Luas lingkaran =
=
= 110 cm x 35 cm
= 3.850
Luas lingkaran =
=
= 110 cm x 35 cm
= 3.850
Jadi, luas sebuah meja makan yang berbentuk lingkaran tersebut
adalah 3.850
C.
Pedoman penskoran/penilaian
Ø Soal No 1
No
|
Pedoman
Penilaian
|
Skor
|
1
|
Menuliskan apa yang diketahui, jika benar
|
3
|
2
|
Menuliskan apa yang ditanyakan, jika benar
|
2
|
3
|
Menjawab penyelesaian soal benar
|
5
|
Jumlah skor
|
10
|
Ø Soal No 2
No
|
Pedoman
Penilaian
|
Skor
|
1
|
Menuliskan apa yang diketahui, jika benar
|
3
|
2
|
Menuliskan apa yang ditanyakan, jika benar
|
2
|
3
|
Menjawab penyelesaian soal benar
|
5
|
Jumlah skor
|
10
|
Ø Soal No 3
No
|
Pedoman
Penilaian
|
Skor
|
1
|
Menuliskan apa yang diketahui, jika benar
|
3
|
2
|
Menuliskan apa yang ditanyakan, jika benar
|
2
|
3
|
Menjawab penyelesaian soal benar
|
5
|
Jumlah skor
|
10
|
Ø Soal No 4
No
|
Pedoman
Penilaian
|
Skor
|
1
|
Menuliskan apa yang diketahui, jika benar
|
3
|
2
|
Menuliskan apa yang ditanyakan, jika benar
|
2
|
3
|
Menjawab penyelesaian soal benar
|
5
|
Jumlah skor
|
10
|
Ø Soal No 5
No
|
Pedoman
Penilaian
|
Skor
|
1
|
Menuliskan
apa yang diketahui, jika benar
|
3
|
2
|
Menuliskan
apa yang ditanyakan, jika benar
|
2
|
3
|
Menjawab
penyelesaian soal benar
|
5
|
Jumlah
skor
|
10
|
Nilai Akhir =
J.
Media Pembelajaran dan Sumber Belajar
A.
Media
pembelajaran
Ø Kertas
Origami
Ø Penggaris
Ø Gunting
Ø Kertas
Manila
B.
Sumber
Belajar
Ø Astuti Tri Lusia dan Sunardi.P. 2009. Matematika Untuk Sekolah Dasar Kelas VI. Jakarta : Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional
Ø Sumanto.D.Y, dkk. 2008. Gemar
Matematika 6. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Tidak ada komentar:
Posting Komentar